Pages

Friday, December 30, 2011

IPB akan luncurkan satelit pemantau lahan tani




Bogor (ANTARA News) - Institut Pertanian Bogor (IPB) segera meluncurkan satelit ntuk memantau peta dan kondisi lahan pertanian di Indonesia, kata Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama, Prof Dr Anas Miftah Fauzi.

"Pada 2012, kami akan meluncurkan satelit untuk memantau kondisi lahan pertanian, untuk mendukung program ketahanan pangan yang tengah digalakkan Pemerintah," kata Anas  di sela Diskusi Akhir Tahun IPB di IICC, Bogor, Jumat.

Anas Miftah mengatakan, peluncuran satelit tersebut digagas bersama oleh IPB dan Lembaga Pembangunan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Anas melanjutkan, pengembangan satelit ini sebagai partisipasi dan kepedulian IPB dalam membantu pemerintah pada idang pengembangan ketahanan pangan nasional.

"Keberadaan satelit ini diharapkan dapat menginformasikan potret dan data lahan pertanian, untuk dijadikan sebagai bahan masukan bagi Pemerintah," papar Anas.

Satelit itu diharapkan memantau kondisi semua komoditas tanaman pertanian. "Dengan mengetahui kondisi tanaman pertanian, terutama tanaman pangan, pemerintah dapat merumuskan kebijakan yang tepat untuk memperkuat program ketahanan pangan," katanya.(*)

No comments:

Post a Comment