Pages

Monday, January 14, 2019

Compare 2 roket Terkuat dunia Delta-IV Heavy VS Falcon Heavy, Siapa Yang terbaik?

Ketika 2 Roket Terkuat didunia di Adu.
Delta-IV Heavy VS Falcon Heavy, Siapa Yang terbaik?


Delta-IV Heavy (berwarna Oranye) dan Falcon heavy (putih) merupakan 2 Roket paling bertenaga di Dunia Saat ini. Walaupun power yang dihasilkan masih cukup jauh untuk menandingi Saturn V, sang penghantar manusia ke bulan sekaligus roket paling bertenaga di Dunia Saat ini. Delta-IV Heavy di buat Oleh ULA, gabungan beberapa perusahaan untuk mengabdi kepada pemerintah Amerika. Sedangkan Falcon Heavy dibuat SpaceX, Lembaga Antariksa Swasta paling maju di Planet Bumi.
Langsung saja, Delta-IV Heavy VS Falcon Heavy, siapa yang lebih baik?

1. Ukuran
Bagian ini memang bukan acuan siapa yang lebih baik, tapi mari kita lihat dimensi keduanya.
• Delta-IV Heavy memiliki tinggi sekitar 72 Meter dengan Lebar 15 Meter. Delta-IV heavy mempunyai Massa Total saat peluncuran sebesar 733 Ton.
• Falcon Heavy memiliki tinggi sekitar 70 meter dengan lebar 12 Meter dan mempunyai Massa Total peluncuran sekitar 1420 Ton.
*sebagai pembanding, Airbus A380 (pesawat komersil penumpang terbesar didunia) mempunyai panjang 73 meter.
Keduanya hanya berbeda di Massa Peluncuran, terlihat Falcon Heavy Lebih Compact. Tapi Dimensi Kasar belum menjanjikan mana yang lebih baik.
Skor masih D-IV-H 0-0 FH.
2. Daya Dorong
Bagaimana dengan daya dorong?
• Delta-IV Heavy mempunyai Daya Dorong sekitar 9.400 kiloNewton.
• Falcon Heavy mempunyai daya dorong sekitar 22.820 kiloNewton.
Terlihat daya Dorong Falcon heavy jauh lebih besar bahkan lebih dari 2x daya dorong Delta-IV Heavy. Falcon heavy unggul 1 Angka.
Skor D-IV-H 0 - 1 FH.
*1 Newton = Gaya yang diperlukan untuk membuat benda 1 kg mengalami percepatan 1 m/s²
3. Daya Angkut
Dan ini yang akan ditanyakan oleh customer, berapa banyak yang bisa diangkut kedua roket ini?
• Delta IV Heavy mampu menghantar 28 Ton Muatan ke Orbit Bumi Rendah (200-1200 km)
• Falcon Heavy mampu menghantar 64 Ton muatan ke Orbit Bumi Rendah.
Falcon Heavy unggul Telak, FH mampu mengangkut bahkan 2x Muatan yang bisa dihantar Delta-IV Heavy.
Skor D-IV-H 0 - 2 FH.
4. Biaya
Dan sampai juga pada pertanyaan prioritas customer, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menghantar muatan ke Orbit?
• Delta-IV Heavy butuh US$ 350 Juta untuk meluncur (4,97 Triliun Rupiah)
• Falcon Heavy butuh biaya hanya US$ 150 Juta untuk meluncur. Bahkan jika kita bisa mereuse Roket, Peluncuran hanya akan menjadi US$ 90 Juta (1,3 Triliun).
Falcon heavy unggul kembali.
Skor D-IV-H 0 - 3 FH
Dengan begini, Costumer pasti akan tau memilih yang mana. FH memiliki daya angkut 2x lebih banyak dengan Biaya 4x lebih murah. Tapiii
5. Sejarah Penerbangan
• Delta IV Heavy sudah melakukan 10 Kali penerbangan dengan 1 penerbangan gagal walaupun gagal sebagian (satelit mencapai orbit walaupun bukan orbit tujuan). Success Rate : 90%
• Falcon Heavy baru saja meluncur setahun lalu dalam Test Flight Membawa Tesla Roadster. Sekalipun Tesla Roadster berhasil mengangkasa, banyak hal yang menjadikan misi ini gagal sebagian. Yang paling menonjol untuk costumer, tentu saja orbit yang melenceng jauh. Success Rate : 100% dengan berbagai catatan
Dari sejarah penerbangan, Jelas Delta-IV heavy unggul jauh. Faktor yang membuat costumer yakin bukan saja angka dan uang, tapi juga sejarah penerbangan. Jadi, cukup sulit menentukan mana lebih baik. Walaupun dengan 5 (minus 1) faktor diatas Falcon Heavy Unggul 3-1
Skor Akhir
Delta IV Heavy : 1
Falcon Heavy : 3

No comments:

Post a Comment