Pages

Thursday, December 30, 2010

Cek Keaslian Nokia Anda!!

Ada temen saya minta bantuan cek in Nokianya asli atau ngga diinternet?.#@#@$%
Sebenarnya bingung juga sih suruh cek keaslian yang bagaimana ada 3 kretirea untuk menilai keaslian nokia.
1.Apakah benar nokia anda Buatan Perusahaan NOkia(bukan Palsu)
2.Jika benar Buatan Nokia apakah benar untuk dipasarkan di indonesia.
3.Jika benar Buatan Nokia Dinegara manakah Nokia anda di buat?
ok kita bahas satu persatu
  1. Sekarang banyak beredar Nokia Palsu bisa disebut nokia KW nokia KW di bagi beberapa kualitas KW1 KW 2 Kw3, KW1 merupakan kualitas prima dan hampir menyamai produk aslinya dan ini sangat berbahaya namun pasti ada kelemahanya. nokia KW1 buatan cina dinegara asalnya tidak punya lisensi 3G dan WIFI jadi dinokia KW 1 jika anda beli dan menekan tombol 3G untuk komunikasi itu berguna hanya untuk kamera biasa dan WIFI tidak akan berguna dan biasanya tombol WIFInya nyambung ke bluetooth. untuk lebih jauh mendeteksi HP anda palsu atau bukan silahkan Cek IMEI HP anda. Apa itu IMEI : IMEI adalah sederet nomor unik yang biasanya bisa diakses dengan menekan *#06# pada hp atau Biasa juga tercetak di wadah baterai bagian belakang HP, nomor ini menandakan Waktu perakitan. negara perakit, tujuan pemasaran dll, Untuk mengenal lebiih jauh asal usul HP anda coba masuk ke link di bawah ini dan masukan no Imei anda  http://www.numberingplans.com/?page=analysis&sub=imeinr.
  2. Pertanyaan ke2 ini biasanya menyangkut garansi pabrikan. hp nokia yang dijual dari pabrikannya mempunyai kode khusus di Imeinya untuk dijual dipasaran mana saja. tentu HP HP yang bukan berada dalam area penjualan HP tersebut didak akan diterima garansinya jika di claim di negara lain. Hp untuk pasaran negara lain namun dipasarkan diindonesia lazim disebut hp BM. hp jenis ini merupakan HP asli keluaran nokia namun bukan untuk pasaran diindonesia. biasa didatangkan dengan cara Black Market atau jalur tidak resmi.
  3. Nah ini juga sering dipertanyakan teman-teman.. jika asli dibuat dimanakah final assembly HP ini karena banyak pecinta Nokia mengamini kalo buatan Finland (asal NOKIA) itu merupakan kualitas terbaik. mungkin ada benarnya karena riset nokia pasti dimulai disana secara finlandia adalah asal perusahaan nokia.

saya pernah bekerja beberapa kali di perusahaan perakitan electronik seingat saya waktu itu ada 3 grade dalam pemisahan kualitas barang elektronik yang saya buat waktu itu saya bekerja di Ya**HA M*S*k manufacture untuk Portabel Keyboard.

A. adalah barang untuk pasaran Asia pasifik termasuk afrika
untuk kualitas ini waktu line assembly berjalan nilai tolerance produck NG (Not Good)atau cacad sangat rendah baret halus pada body yang tidak terlihat mata biasa sebesar 5mm bisa diloloskan begitupun kebersihan suara dalam beberapa DB diperbolehkan lolos. biasanya kala memproduksi produk ini pengecekan perakit dalam pemakaian antistatic atau alat pendukung kualitas pembuatan barang tidak terlalu dihiraukan.
B. adalah barang untuk pasaran Amerika australia 
untuk barang untuk pasaran ini agak lebih ketat dalam perakitan nilai tolerance produck NG (Not good) lebih tinggi dar pasaran barang untuk jenis diatas misal untuk baret halus pada body yang tak terlihat mata biasa turun menjadi 3mm begitu juga nilai tolerance untuk kualitas lainnya.
C. Barang untuk pasaran Eropa dan Jepang
barang barang ini sangat super kualitas.. untukpersiapan produksinya saja perlu inspeksi alat2 pendukung kualitas seperti antistatis, sarung tangan harus baru dll intinya produk untuk negara ini sangat special, nilai tolerance product NG tertinggi bahkan 2 dari 10 barangproduksi harus masuk ruang QA (Quality assurance) lvl lebih tinggi dari QC(quality Control)

jadi menurut saya tidak masalah buatan negara mana assembly product tersebut (kecuali finlan karena asal dari produck nokia ) yang terpenting adalah untuk pasaran mana produk tersebut dibuat. kenapa pasaran negara eropa dan jepang sangat di specialkan? saya pernah tanya sama pimpina orang jepang saya kala itu
orang eropa dan jepang mempunyai selera yang sangat tinggi dan mengabaikan Harga mereka cenderung memilih kualitas. berdasarkan survei mereka negara eropa dan jepang merupakan negara dengan claim paling tinggi didunia untuk claim tentang kualitas barang. 
namun jika anda bersikukuh untuk mengetahui negara asal hp anda dibuat berikut saya kasih cara untuk mengetahuinya
cek Imei HP anda *#06# atau lihat dibagian belakang tempat baterai .

perhatikan digit ke 7 dan ke 8 dari imei anda contoh imei saya
356258 01 0389876 :   01 itu adalah kode negara hp saya dan lihat tabel kode negara di bawah ini.

10 /01 = Finland
20 /02 = Germany
30 /03 = Korea
40 /04= China
50 /05 = Brazil, USA, Finland
60 /06 = HK, China, Mexico
70 /07 = Finland
80 /08= Hungary
91 = Finland

ah cape juga bikin artikel ini, tapi moga bermanfaat.. happy surfing netters

No comments:

Post a Comment