Pages

Thursday, January 6, 2011

Blogger for Safety Riding : Awal Pengalaman Berkendara

safety riding thema ini mengingatkan saya 7 Tahun yang lalu ketika pertama kali saya punya kendaraan berupa sepeda motor. maklum saya waktu itu kurang pergaulan soal ini, biasanya kalau mau pergi pakai kendaraan ya tinggal nemplok di motor atau angkot hehehe... waktu itu saya ingat telah bekerja di suatu perusahaan swasta yang kala itu banyak karyawannya punya motor karena daerah kantor tempat kita bekerja tuh tempatnya macetttt banget. jadi pada memilih kendaraan motor ketimbang naik mobil maupun angkutan umum. jadilah ketika beberapa bulan bekerja saya pun punya niat yang teguh membeli kendaraan motor. boro -boro memikirkan safety riding mikirin bagaimana cara jalanin tuh motor waktu sampe rumah pun saya harus menghabiskan waktu 3 minggu muter-muter komplek rumah haha.. malu bgt rasanya sebesar itu saya masih aja belajar naik motor. tapi alhamdullilah kira-kira 1 bulan setelah pembelian kendaraan motor saya itu saya dengan tekat baja memberanikan diri naik kendaraan motor saya ke kantor!! safety riding equipment pertama yang saya pakai adalah jaket tebal,helm full hadiah dari motor, sepatu pantopel, sarung tangan kulit duh gerah deh pokonya saya serasa jadi poweranger "gubrak" dan hari pertama ngantor pake kendaraan motor pun sukses walau diperjalanan sering diteriakin pengguna jalan lainnya "WOI BISA NAIK MOTOR KAGA SIH LU" heheh maklum saya naik motor baru blajar sering oleng dan ngerem mendadak.

177751seminggu sudah berkendara menggunakan motor kekantor saya makin PD saja biasa kecepatan sepeda motor 40-60 KM/jam saya rasakan sangat lambat dan sering di klakson sama kendaraan belakang saya. semakin berani lah saya melajukan kendaraan dengan kencang tanpa peduli berita-berita tentang kecelakaan lalu-lintas yang makin marak. sayaingat peristiwa yang mengubah saya dalam berkendara dengan safety riding, saat itu belum genap 1 bulan saya berkendara kekantor menggunakan motor. kala itu sudah memasuki musim hujan pagi-pagi sekali saya berangkat dari rumah karena awan menunjukan mau hujan... dengan kecepatan sedikit kencang saya kendaarai motor saya, awan hitang yang bergerumul mau memuntahkan airnya membuat saya kalap dan semakin memacu kendaraan saya dengan lebih kencang dan secara tiba-tiba hujan membasahi jalanan. didepan saya kendaraan - kendaraan itu memelankan kendaraannya sehingga hampir berhenti ditengah jalan. sayapun dengan sigap kira-kira 5-7meter mengerem sekuat tenaga agar tidak menabrak mereka. namun malang tak dapat dihindari kecelakaan lalu-lintas pun terjadi.. ban saya slip karena terlalu kencang dan meRem mendadak serta kondisi jalan yang licin membuat saya tergelincir tiba-tiba pandangan saya gelap. motor saya terlepar jauh ke GOT sedang saya jatuh menghantam aspal didahului kepala saya hingga helm full standart dari motor yang saya pakai pecah dibagian dagu badan sayapun terseret merumput diaspal.. singkat kata motor saya harus masuk rawat inap namun saya sendiri hanya luka2 memar dan yang membuat saya bersukur adalah ketika melihat helm saya yang pecah... andai alat safety riding satu itu tidak saya pakai, entah jadi apa kepala saya waktu itu. jaket tebal yang saya pakai kala itu benar2 jadi landasan yang melindungi badan saya di aspal sampai berlubang dan akhirnya tidak kuat dan berhasil tembus menggores badan saya.

Alat-alat safety riding itu benar-benar telah menyelamatkan saya dari tragedi kecelakaan lalu-lintas yang sempat membuat saya syok. andai saya mengikuti teman-teman lain yang hanya mengunakan helm cetok(helm buat perang heheh) atau helm setengah muka... mungkin saya bisa kehilangan dagu saya di kecelakaan lalu-lintas yang saya alami huhuhu.. alhamdullilah ya Allah...

helmso buat teman - teman yang masih meragukan kegunaan alat safety riding jangan tunggu anda mempraktekannya sendiri kejadian kecelakaan lalu-lintas ini.. saya ingatkan alat terbaik safety riding adalah helm FULL FACE jangan main2 dengan kepala anda!! sarung tangan kulit, jaket tebal. pelindung lutut, sepatu pantopel bisa jadi satu satu nya alat safety riding yang melindungi anda kala musibah kecelakaan lalu-lintas datang. happy safety riding dalam berkendara sobat dbloger.

banner3  
NB: Artikel ini merupakan artikel perlombaan Dalam rangka perayaan ulang tahun kedua, dblogger (detik community blogger) dan ditayangkan petama kali di Blog detik saya http://biroe.blogdetik.com/2011/01/06/blogger-for-safety-riding-awal-pengalaman-berkendara/

No comments:

Post a Comment